Indahyani, Ni Kadek Ayu (2021) EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN BUATAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 8 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011018-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011018-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011018-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Video pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman peserta didik mengenai materi pembelajaran matematika selama pembelajaran daring, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas video pembelajaran matematika buatan guru di SMAN 8 Denpasar, pengalaman peserta didik dalam menggunakan video pembelajaran tersebut, serta efektivitas video pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik jurusan MIPA dari kelas 11 MIPA 1 sampai dengan 11 MIPA 7. Kualitas video pembelajaran matematika buatan guru dinilai berdasarkan penilaian yang peneliti lakukan melalui observasi dengan instrumen angket yang dinilai berdasarkan aspek materi tampilan, diperoleh rata-rata penilaian 3,86, yang berarti video pembelajaran matematika buatan guru yang digunakan selama pembelajaran daring oleh peserta didik kelas XI di SMAN 8 Denpasar memiliki kualitas yang baik dan praktis digunakan. Pengalaman peserta didik dalam menggunakan video pembelajaran diperoleh dari data yang dikumpulkan melalui User Experience Questionnaire (UEQ) yang berisi enam skala penilaian terhadap video pembelajaran, diantaranya adalah Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan yang dikelompokkan menjadi tiga aspek, yaitu aspek Kualitas Pragmatis, aspek Kualitas Hedonis, dan aspek Daya Tarik. Hasil analisis mengisyaratkan bahwa peserta didik cukup puas dengan video pembelajaran matematika buatan guru, akan tetapi peserta didik mengharapkan perbaikan keenam skala, khususnya skala Kejelasan, Ketepatan, dan Kebaruan. Efektivitas video pembelajaran matematika buatan guru terhadap hasil belajar matematika dalam aspek kognitif dan psikomotorik peserta didik diperoleh dari persentase ketuntasan belajar klasikal terhadap nilai akhir semester peserta didik, sedangkan efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek afektif diperoleh dari ketuntasan atas hasil belajar afektif peserta didik berdasarkan kriteria sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas video pembelajaran, pengalaman peserta didik, efektivitas video pembelajaran, User Experience Questionnaire |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK AYU INDAHYANI |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 23:10 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 23:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7088 |
Actions (login required)
View Item |