Suci Mahartini, Ni Nyoman (2021) Pengaruh Model Project Based Learning moda Daring terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bebandem. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071019-COVER.pdf Download (524kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071019-ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071019-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Suci Mahartini, Ni Nyoman (2020),Pengaruh Model Project Based Learning moda Daring terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bebandem. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana,Universitas PendidikanGanesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Dewa Hendra Divayana,S.Kom.,M.Kom dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Sukrawarpala,M.Sc Kata kunci : model project based learning moda daring, prestasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis Tujuan penelitian ini adalah1) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia dan keterampilan berpikir kritis secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan project based learning moda daring dengan direct learning moda daring, 2) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia antara peserta didik yang belajar dengan project based learning moda daring dengan direct instruction moda daring, 3) mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan project based learning moda daring dengan Direct Instruction moda daring. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah tiga kelas XI MIPA dan tiga kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2019/2020. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok,yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan tes pilihan ganda dan data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian.Data dianalisis secara deskriptif dan multivariate analysis of covariance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia antara peserta didik yang belajar dengan model project based learning moda daring dan peserta didik yang belajar dengan model direct instruction moda daring, dengan hasil yang lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model project based learning moda daring.Keterampilan berpikir kritis peserta didik berdampak pada perolehan prestasi belajar Bahasa Indonesia.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based learning moda daring secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar Bahasa Indonesia dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning moda daring, prestasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Suci Mahartini |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 01:43 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7244 |
Actions (login required)
View Item |