PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SIKLUS AIR MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ariyani, Ni Komang Ayu (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SIKLUS AIR MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031311-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031311-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031311-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031311-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media Power Point berbasis pendekatan kontekstual pada materi siklus air muatan IPA kelas V Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan validitas media Power Point berbasis pendekatan kontekstual menurut review ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Baturiti. Dalam pengembangan media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 88,33% dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini layak digunakan dalam pembelajaran karena dapat menarik minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, power point, pendekatan kontekstual, hannafin and peck
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Ariyani
Date Deposited: 24 Jul 2021 09:09
Last Modified: 24 Jul 2021 09:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7280

Actions (login required)

View Item View Item