Putu Okta Aryastika Dewi, Ni Luh (2021) Analisis Pertanyaan dan Keterampilan Bertanya Guru dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 di SMAN 1 Banjarangkan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413041008-COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413041008-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413041008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413041008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan bertanya merupakan salah satu elemen penting dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan, keterampilan bertanya yang baik akan memancing pemikiran kritis siswa sehingga menyebabkan siswa terpancing untuk berusaha memecahkan masalah. Oleh karena itu, guru harus memiliki keterampilan bertanya yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis jenis-jenis pertanyaan guru dan mendeskripsikan teknik keterampilan bertanya guru. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 4 SMAN 1 Banjarangkan dengan guru biologi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis pertanyaan yang diberikan oleh guru Biologi di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Banjarangkan berdasarkan taksonomi Bloom versi revisi didominasi dengan pertanyaan kognitif tingkat rendah yakni 5 (22,72%) pertanyaan menghafal, sebanyak 13 (59,09%) pertanyaan memahami, 3 (13,63%) pertanyaan menganalisis, 1 (4,54%) pertanyaan mengevaluasi. Adapun jenis pertanyaan guru yang paling dominan digunakan yaitu jenis pertanyaan menghafal atau mengingat. Keterampilan bertanya guru memenuhi 5 indikator diantaranya yaitu 4(12,90%) penggunaan pertanyaan secara jelas dan singkat, 2 (6,45%) pemberian acuan, 3 (9,68%) pemusatan ke arah jawaban yang diminta, 9 (29,03%) pemindahan giliran, 7 (22,58%) penyebaran, dan 6 (19,35%) pemberian waktu berpikir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Okta Aryastika Dewi |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:12 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7502 |
Actions (login required)
View Item |