Suartini, Ni Luh Wayan Nopa (2021) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGANKOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS III DESA MARGA KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031198-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031198-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031198-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031198-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031198-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031198-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031198-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031198-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031198-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kesulitan guru dan orangtua dalam membentuk disiplin belajar anak dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar khususnya pada kompetensi pengetahuan IPS siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara disiplin belajar belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Metode yang digunakan adalah metode tes dan non tes berupa kuesioner tentang disiplin belajar dan kuesioner kompetensi pengetahuan IPS.Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa yang memiliki jumlah sebanyak 42 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling total, dikarenakan jumlah populasi sedikit yaitu kurang dari 100. Variabel bebas dari penelitian ini adalah disiplin belajar sedangkan variabel terikat adalah kompetensi pengetahuan IPS. Data penelitian ini dikomputasi analisis statistik deskriptif dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan kompetensi pengetahuan IPS siswa dengan perhitungan skor sebesar 3,53 pada taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi tinggi. Jadi dapat disimpulkan, terdapat arah korelasi positif yang menunjukkan semakin tinggi disiplin belajar semakin meningkat penguasan kompetensi pengetahuan IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, Kompetensi Pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH WAYAN NOPA SUARTINI |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 19:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 19:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7557 |
Actions (login required)
View Item |