Darma, Meyga (2019) DEVELOPING ENGLISH LITERACY-BASED ACTIVITIES FOR THE FIRST SEMESTER OF SIXTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021004-COVER.pdf Download (707kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021004-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1512021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (232kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1512021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1512021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1512021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021004-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan aktivitas literasi berbasis Bahasa Inggris untuk kelas enam semester ganjil sekolah dasar, 2) mendeskripsikan aktivitas literasi berbasis Bahasa Inggris untuk siswa kelas 6 sekolah dasar semester ganjil, 3) menguji efektifitas aktivitas yang dikembangkan. Subjek dari penelitian ini adalah murid kelas enam sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D) oleh Richey & Klein (2012). Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan produk yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, silabus, ceklis, rubric, dan tes. Hasil dari penelitian yaitu berupa lembar kerja siswa yang dikembangkan berdasarkan karakteristik produk yang didapat di tahap analisis. Terdapat enam unit yang dikembangkan di produk. Topik di setiap unit diambil dari topik-topik yang terdapat di silabus. Enam topik tersebut yaitu memperkenalkan seseorang, kehidupan sekolah, aktivitas di rumah, anggota keluarga, pakaian, dan binatang. Hasil dari rubric menunjukkan bahwa produk bisa dikategorikan ke dalam kualitas yang sangat baik. Selain itu, produk yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dibuktikan dengan perubahan yang signifikan dari hasil pre-tes dan post-test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, literasi Bahasa Inggris, aktivitas berbasis literasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Meyga Darma Dyanti |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/764 |
Actions (login required)
View Item |