PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILIAN HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN MODEL 4D PADA MATERI SEPAK BOLA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X SMA NEGERI 1 AMLAPURA

Wirayasa, I Dewa Gede Putra (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILIAN HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN MODEL 4D PADA MATERI SEPAK BOLA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X SMA NEGERI 1 AMLAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011058-COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011058-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011058-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN MODEL 4D PADA MATERI SEPAK BOLA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X SMA NEGERI 1 AMLAPURA Oleh I Dewa Gede Putra Wirayasa, NIM 1616011058 Jurusan Pendidikan Olahraga ABSTRAK Tujuan penelitian yaitu mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar aspek pengetahuan mata pelajaran PJOK materi sepak. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development (R&D). Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4-D yang terbagi menjadi empat tahap, meliputi tahap define, tahap design, tahap develop, serta tahap disseminate. Pada tahap disseminate (penyebarluasan) peneliti dilaksanakan secara daring dengan bantuan google formulir. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan pada mata pelajaran PJOK khususnya pada materi sepak bola yang dilakukan pada seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Amlapura yang berjumlah 249 orang peserta didik. Adapun objek dalam penelitian ini berupa instrumen penilaian hasil belajar PJOK materi sepak bola dengan bentuk instrumennya adalah pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes berupa tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis hasil jawaban peserta didik adalah vaiditas butir, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil analisis data uji coba dari 8 kelas yang berjumlah 249 orang yang telah dirata-ratakan peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut. Uji validitas memiliki kriteria sangat tinggi dengan hasil rata-rata yaitu 2,92. Uji reliabilitas memiliki kriteria sangat tinggi dengan hasil rata-rata 0,85. Uji tingkat kesukaran memiliki kriteria sukar dengan hasil rat-rata 0,36 dan uji daya beda memiliki kriteria kurang baik dengan hasil rata-rata 0,67. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisis dari 8 kelas dapat diberikan kesimpulan bahwa, instrumen penilaian hasil belajar aspek pengetahuan model 4D materi sepak bola berdasarkan kurikulum 2013 memiliki kategori baik dan dapat digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen, tes, model 4D, hasil belajar PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I DEWA GEDE PUTRA WIRAYASA
Date Deposited: 27 Jul 2021 00:21
Last Modified: 27 Jul 2021 00:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item