PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA SELAMATKAN MAHLUK HIDUP SUBTEMA HEWAN SAHABATKU KELAS VI SD NEGERI 3 PENARUKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suriani, Luh Yeni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA SELAMATKAN MAHLUK HIDUP SUBTEMA HEWAN SAHABATKU KELAS VI SD NEGERI 3 PENARUKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031231-COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031231-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031231-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031231-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031231-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031231-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031231-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031231-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031231-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran daring memiliki kesulitan tersendiri bagi guru maupun bagi siswa. Guru maupun siswa membutuhkan alat bantu belajar agar meringankan guru dalam mengajar dan juga dapat membantu siswa agar dapat memahami materi dengan baik. Maka dari itu perlu dikembangkannya media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media interaktif serta untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan lima tahapan pengembangan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu (1) ahli materi, (2) ahli desain, (3) ahli media, (4) siswa untuk uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode koesioner. Data yang dihasilkan, selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus mean dengan tujuan untuk mengetahui rata-rata validitas produk media. Produk pengembangan ini dinyatakan valid dengan rata-rata 1) ahli materi 3,81 dengan klasifikasi sangat baik 2) ahli desain 3,56 dengan klasifikasi sangat baik, 3) ahli media 3,61 dengan klasifikasi sangat baik, 4) uji coba perseorangan 3,66 dengan klasifikasi sangat baik, dan 5) uji coba kelompok kecil 3,68 dengan klasifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Media pembelajaran interaktif, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Yeni Suriani
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:02
Last Modified: 22 Sep 2021 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8251

Actions (login required)

View Item View Item