Purnami, Komang Diah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Konservasi Lingkungan pada Topik Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031118-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031118-ABSTRAK.pdf Download (746kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (662kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031118-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (730kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031118-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan prototype dari produk, menghasilkan produk media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan yang teruji validitasnya, serta megungkapkan respon guru dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan pada topik siklus air kelas V sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah validitas media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan pada topik siklus air kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil validasi pakar dianalisis dengan menggunakan rumus indeks validasi Aiken, serta rumus mean untuk menghitung skor respon praktisi dan siswa. Hasil analisis data validitas pakar dari aspek isi materi berada pada rentang 0,813 – 1, aspek desain pembelajaran berada pada rentang 0,813 – 1, dan aspek media pembelajaran berada pada rentang 0,938 – 1. Berdasarkan kriteria indeks validasi Aiken, validitas isi produk memiliki kriteria tinggi. Uji respon praktisi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,97, skor rata-rata respon siswa perseorangan sebesar 4,83, dan respon siswa kelompok kecil sebesar 4,89. Berdasarkan pedoman konversi skala lima, semua aspek uji respon terhadap produk memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan pada topik siklus air kelas V sekolah dasar valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran audio visual, konservasi lingkungan, siklus air |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Diah Purnami |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 01:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8261 |
Actions (login required)
View Item |