A. R, Farhani (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711011010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011010-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (548kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan, menguji keberterimaan (acceptebillity) dan mengetahui efektivitas panduan konseling berbasis website dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMA. Panduan ini merupakan pedoman bagi guru bimbingan konseling disekolah dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling jarak jauh. Prosedur penelitian dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan oleh Triagarajan (1974) yaitu Model 4D (four - D) yang dimodifikasi menjadi 3D, meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Penilaian keberterimaan panduan ini dilakukan tiga pakar, yaknik dua dosen bimbingan konseling FIP Undiksha, dan satu guru bimbingan konseling di SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 14 item yang mengacu pada keberterimaan panduan konseling berbasis website. Analisis keberterimaan menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio dari Lawshe (1975). Hasil analisis menunjukkan validasi isi (CVI) sebesar 1 yang berarti sangat baik atau istimewa. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa panduan konseling behavioral dengan teknik modeling berbasis website untuk menngkatkan tanggung jawab belajar yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keberterimaan untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan layanan bimbngan konseling berbass website. Uji coba efektivitas panduan dilakukan terhadap 30 siswa dengan desain eksperimen one group pre-test - post-test. Hasil analisis menggunakan metode one group paired sample t-test dengan program SPSS menunjukkan bahwa panduan konseling behavioral dengan teknik modeling berbasis website efektif meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling behavioral, teknik modeling, tanggung jawab belajar, 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Farhani A.R |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 06:41 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8306 |
Actions (login required)
View Item |