Nirmala, Bunga (2021) PENGEMBANGAN SKALA KECERDASAN INTERPERSONAL REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711011025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011025-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (611kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011025-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mengembangkan alat ukur berupa instrumen merupakan tujuan dari adanya penelitian ini, serta menguji kelayakannya sehingga dapat menghasilkan alat ukur atau instrumen yang teruji dari segi validitas dan reliabilitasnya dalam mengukur tingkat kecerdasan interpersonal remaja Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Development dimana yang menjadi acuan dalam proses tahapannya adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) melalui empat tahapan di dalamnya yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Adapun pengujian validitas instrument menggunakan Formula dari Lawshe yaitu CVR dan CVI dengan menggunakan lima validator/pakar dan praktisi/guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas untuk menguji kelayakan instrumen dengan jumlah butir pernyataan yakni 40 item. Kemudian pengujian validitas empirik menggunakan Formula Pearson Product Moment berbantuan aplikasi SPSS 2.5 dengan melibatkan 163 siswa dari SMA Negeri 4 Singaraja sebagai responden. Sedangkan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan Formula Alpha Cronbach berbantuan aplikasi SPSS 2.5 serta melibatkan 86 siswa SMA yang disebarkan melalui googleform. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen kecerdasan interpersonal, dapat dikatakan bahwa instrumen yang dikembangkan telah layak dan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai validitas sebesar 0,97 dan reliabilitas sebesar 0,927. Sehingga dapat disimpulkan bahwa skala kecerdasan interpersonal remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) layak untuk dijadikan alat ukur kecerdasan interpersonal khususnya remaja SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Skala Kecerdasan Interpersonal, Validitas & Reliabilitas, Pengembangan skala. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | BUNGA NIRMALA |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 01:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8311 |
Actions (login required)
View Item |