PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOPEKER (MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER) BERBASIS KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

Dewi, Anastasia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOPEKER (MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER) BERBASIS KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061054-COVER.pdf

Download (711kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061054-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061054-LAMPIRAN.pdf

Download (642kB)

Abstract

Banyak siswa yang mengalami penurunan nilai-nilai karakter. Penurunan nilai-nilai karakter disebabkan oleh kuarangnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran monopoli pendidikan berbasis karakter (Mopeker) pada anak usia dini kelompok B. jenis penelitian ini pengembangan (reseach and development (R&D)), dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli yaitu 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari ahli media adalah 4,12 yang berarti kriteri media baik dan ahli materi pembelajaran adalah 4,00 dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa media monopoli pendidikan karakter yang dikembangkan patut diterapkan dalam rangkaian pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat membantu anak untuk membentuk karakter pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: monopoli, pendidikan, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Anastasia Ade Cyntia Dewi
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:38
Last Modified: 18 Oct 2021 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item