Febrianti, Sang Ayu Diah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS V SD TEMA 8 (LINGKUNGAN SAHABAT KITA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031119-COVER.pdf Download (938kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031119-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031119-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031119-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan instrumen kemampuan HOTS, mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecoh untuk mengetahui kelayakan dari instrumen tersebut. Pengembangan instrumen kemampuan HOTS dilakukan dengan 10 tahapan model (R & D) yang terdiri dari 10 tahapan pelaksanaan muai dari tahap pengumpulan infomasi sampai dengan tahap implementasi dan desiminasi. Namun dalam penilitan ini disederhanakan langkah-langkah yang ditempuh dalam pengembangan Borg and Gall menjadi lima langkah-langkah dalam pengembangan instrument ini. Langkah-langkah pengembangan, meliputi: 1) Tahap pendahuluan, 2) Tahap pengembangan, 3) Tahap validasi, 4) Tahap uji coba lapangan, 5) Tahap revisi. Penelitian pengembangan instrument HOTS dilakkukan di SD Gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Subjek penelitian ini berupa instrumen kemampuan HOTS sebanyak 30 butir soal pilihan ganda yang telah teruji kualitasnya dari segi (1) memiliki kualitas validitas isi yang telah diujikan kepada pakar/judges dengan hasil 1, 00 (sangat tinggi), (2) memiliki kualitas validitas butir soal dengan hasil semua soal valid karena rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel, (3) memiliki kualitas reliabilitas butir soal dengan hasil sebesar 0,913, (4) memiliki kualitas tingkat kesukaran dengan hasil 7 soal termasuk kategori mudah, 21 soal termasuk kategori sedang dan 2 soal termasuk kategori sukar, (5) memiliki kualitas daya beda lebih dari 0,40, dan (6) memiliki efektifitas pengecoh diperoleh setiap butir soal instrumen kemampuan HOTS yang diuji memiliki pengecoh baik. Dapat disimpulkan bahwa instrumen kemampuan HOTS yang dikembangkan memiliki kualitas yang valid dan reliabel yang baik dan layak digunakan sebagai penilaian pembelajaran untuk melatih kemampuan HOTS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, instrumen, kemampuan HOTS, model Borg and Gall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | SANG AYU DIAH FEBRIANTI |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 17:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 17:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8967 |
Actions (login required)
View Item |