JUNAIDI, JUNAIDI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS GAMBAR DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMA 6 KELAS V SDN 27 PEMECUTAN TAHUN 2020/2021. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1929041003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041003-ABSTRAK.pdf Download (565kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (750kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041003-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas isi/materi, media dan desain di dalam handout yang dikembangkan; 2) keperatisan bahan ajar handout berbasis gambar dalam penerapan dipembelajaran lapangan.3) efektivitas bahan ajar handout untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran tema 6 kelas V.Pengembangan bahan ajar handout ini berdasarkan teori dari Brog dan Gall, dalam pengembangan bahan ajar ada sepuluh langkah pengembangan bahan ajar menurut Brog dan Gall. Namun, dalam penelitian pengembangn ini hanya menerapkan tujuh langkah pengembangan (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Dalam penelitian ini hasil validasi didapatakan dari validasi media 0,74 sedangkan validasi desain 0,75 dan validasi isi/materi 0,78. Sesuai dengan tabel kriteria tingkat validasi, nilai tersebut berada pada tingkat validasi tinggi. Dan untuk kepraktisan bahan ajar ini dinilai dari 3 guru kelas V yang memahami materi pembelajaran kelas V. Dari praktisi didapatakan hasil praktisi pertama 3,54, praktisi kedua 3,54 dan praktisi ketiga 3,82. Jika kita konversikan ke dalam kriteria kepraktisan, nilai yang didapatkan tersebut berada pada kategori sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout ini dapat diterapkan dalam pembelajaran. Untuk mengetahui hasil efektivitas bahan ajar handout dilakukan pretest-posttest. Untuk mengathui efektivitas diukur dengan ketuntasan klasikal. Hasil yang didapatkan dari pretest 78,13% dan hasil dari posttest 93,75% hasil ini membuktikan bahwa bahan ajar handout efektif diterapkan di pembelajaran kelas V tema 6.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | handout, gambar, kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | JUNAIDI |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 11:45 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 11:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9211 |
Actions (login required)
View Item |