Putri, Luh Gede Ria Andika (2022) Pengembangan Media Pembelajaran VideoScribe-HOTS Pada Muatan Pelajaran IPA Topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031054-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031054-ABSTRAK.pdf Download (513kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031054-BAB 1PENDAHULUAN.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (637kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031054-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype media pembelajaran VideoScribe-HOTS muatan pelajaran IPA topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD dan menganalisis validitas isi media pembelajaran VideoScribe-HOTS muatan pelajaran IPA topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu : 1) tahap analisis (analyze), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), dan 5) tahap evaluasi (evaluation). Namun dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi sedang masa pandemi Covid-19 maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (development). Adapun subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu : 1) dua orang ahli materi, 2) dua orang ahli media, 3) dua orang ahli desain pembelajaran, 4) dua orang guru untuk respon praktisi, dan 5) 10 orang siswa kelas IV SD untuk respon siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan instrumen penilaian rating scale, kemudian dianalisis menggunakan Indeks Validitas Aiken’s untuk mengetahui tingkat validitasnya. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa media pembelajaran VideoScribe HOTS dinyatakan valid, dengan rentangan indeks validitas Aiken’s 0,8 – 1, yang berada pada V ≥ 0,8, dengan kriteria validitas tinggi, sedangkan persentase respon praktisi sebesar 97% dengan kategori sangat baik dan persentase respon siswa sebesar 97 % dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, VideoScribe, HOTS, Model ADDIE, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Ria Andika Putri |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 00:56 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
View Item |