PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA TERINTEGRASI TEMA 8 KELAS V SEKOLAH DASAR

Lestari, Ida Ayu Mega (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA TERINTEGRASI TEMA 8 KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041043-COVER.pdf

Download (340kB)
[img] Text (ABASTRAK)
1929041043-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041043-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen motivasi belajar siswa kelas V SD yang valid. (2) menghasilkan pengembangan intrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas V SD yang reliabel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 berada pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. (2) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,9 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,972 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,979 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: berpikir kritis, motivasi belajar, dan ipa terintegrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ida Ayu Mega Agustia Lestari
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:17
Last Modified: 18 Feb 2022 06:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9974

Actions (login required)

View Item View Item