Putri, Ni Made Shinta Ariayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BIG BOOK” BERBASIS CERITA BERKUIS (CERKIS) PADA MATERI MENJAGA KESEHATAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031236-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031236-ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031236-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031236-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031236-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis pada materi menjaga kesehatan kelas II sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis pada materi menjaga kesehatan dan objeknya adalah validitas dan kepraktisan media yang dikembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 0,98, ahli desain pembelajaran 0,97 dan ahli media 0,97; uji kepraktisan dari Respons siswa melalui uji coba perorangan sebesar 95,11%, uji Respons guru sebesar 93,75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis sangat valid dan praktis diterapkan pada muatan Bahasa Indonesia materi menjaga kesehatan untuk kelas II sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Big Book, Cerita Berkuis, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Shinta Ariayu Putri |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 00:26 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18684 |
Actions (login required)
View Item |