PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BIG BOOK” BERBASIS CERITA BERKUIS (CERKIS) PADA MATERI MENJAGA KESEHATAN KELAS II SEKOLAH DASAR

Putri, Ni Made Shinta Ariayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BIG BOOK” BERBASIS CERITA BERKUIS (CERKIS) PADA MATERI MENJAGA KESEHATAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031236-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031236-ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031236-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031236-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031236-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis pada materi menjaga kesehatan kelas II sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis pada materi menjaga kesehatan dan objeknya adalah validitas dan kepraktisan media yang dikembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis yang dikembangkan adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 0,98, ahli desain pembelajaran 0,97 dan ahli media 0,97; uji kepraktisan dari Respons siswa melalui uji coba perorangan sebesar 95,11%, uji Respons guru sebesar 93,75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Big Book berbasis cerita berkuis sangat valid dan praktis diterapkan pada muatan Bahasa Indonesia materi menjaga kesehatan untuk kelas II sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Big Book, Cerita Berkuis, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Shinta Ariayu Putri
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:26
Last Modified: 16 Feb 2024 00:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item