Utami, Ni Made Sri (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031160-COVER.pdf Download (864kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031160-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031160-LAMPIRAN.pdf Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library reseach. Subjek penelitian ini yaitu 2 buah artikel yang berasal dari jurnal terakreditasi sinta dan dipublikasikan dalam rentangan tahun 2016-2020 pada jenjang sekolah dasar. Artikel ini mengkaji mengenai penelitian eksperimen tentang pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA, dan ditulis oleh peneliti umum maupun mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Data yang diperoleh merupakan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis meta-analisis besar pengaruh atau effect size. Berdasarkan hasil analisis dari perhitungan effect size sebesar 0,90 dan 2,20 yang menunjukkan nilai effect size tinggi. Hasil analisis tersebut mengungkapkan bahwa model problem based learning yang telah diterapkan memiliki pengaruh yang tinggi dalam pembelajaran IPA siswa di sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh efektif terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE SRI UTAMI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:59 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2799 |
Actions (login required)
View Item |