Yuliawati, Ni Putu Feny (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas II SD Gugus VI Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031192_COVER.pdf Download (562kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031192_ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031192_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031192_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031192_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031192_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031192_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031192_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031192_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar terhadap keterampilan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan Static Group Comparison. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas II SD Gugus VI Kecamatan Gianyar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN 4 Tulikup dan siswa kelas II SDN 5 Tulikup. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, statistik inferensial, dan uji d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar (thitung = 14,60 > ttabel = 1,69), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar terhadap keterampilan membaca siswa (d = 4,91>0,8). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca, Make A Match, Media Gambar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU FENY YULIAWATI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
View Item |