Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas II SD Gugus VI Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020

Yuliawati, Ni Putu Feny (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas II SD Gugus VI Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031192_COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031192_ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031192_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031192_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031192_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031192_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031192_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031192_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031192_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar terhadap keterampilan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan Static Group Comparison. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas II SD Gugus VI Kecamatan Gianyar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN 4 Tulikup dan siswa kelas II SDN 5 Tulikup. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, statistik inferensial, dan uji d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar (thitung = 14,60 > ttabel = 1,69), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar terhadap keterampilan membaca siswa (d = 4,91>0,8). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Make A Match, Media Gambar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU FENY YULIAWATI
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:27
Last Modified: 28 Jul 2020 03:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item