PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN PAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Astuti, Anak Agung Istri Yulia (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN PAYANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1611031155- COVER.pdf.pdf

Download (596kB)
[img] Text
1611031155-ABSTRAK. pdf.pdf

Download (103kB)
[img] Text
1611031155- BAB I PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (220kB)
[img] Text
1611031155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
1611031155-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
1611031155- BAB 4 HASIL DAN PEMBASAHAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
1611031155- BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
1611031155-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (235kB)
[img] Text
1611031155-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain Non Equivalen post-test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 4 Melinggih berjumlah 26 siswa dan kelas IV SD Negeri 2 Melinggih berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Payangan. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (4,84) < ttabel (2,01). Selanjutnya, rata-rata skor hasil belajar IPA menggunakan model Problem Based Learning adalah 25,00 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPA menggunakan pembelajaran konvensional adalah 21,27. Dengan demikian, model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Payangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan penelitian ini maka disampaikan beberapa saran, pada guru hendaknya dapat memaksimalkan hasil belajar siswa dengan mengguanakan model pembelajaran yang beragam salah satu adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Saran untuk siswa hendaknya memiliki kesadaran bahwa semua mata pelajaran penting dan memiliki minat belajar yang lebih khususnya pada mata pelajaran IPA. Sedangkan untuk peneliti lain hendaknya dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam penelitian terkain penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini maka disampaikan beberapa saran, pada guru hendaknya dapat memaksimalkan hasil belajar siswa dengan mengguanakan model pembelajaran yang beragam salah satu adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Saran untuk siswa hendaknya memiliki kesadaran bahwa semua mata pelajaran penting dan memiliki minat belajar yang lebih khususnya pada mata pelajaran IPA. Sedangkan untuk peneliti lain hendaknya dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam penelitian terkain penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG ISTRI YULIA ASTUTI
Date Deposited: 29 Jul 2020 00:59
Last Modified: 29 Jul 2020 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item