HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR

MELASTI, PUTU DIAN HARI (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021008-COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021008-ABSTRAK...pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021008-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR Oleh Putu Dian Hari Melasti NIM 161302100 Program Studi Pendidikan Fisika ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara regulasi diri dan prestasi belajar fisika, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan regulasi diri dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di kecamatan Banjar yang berjumlah 231 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 145 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes uraian. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner motivasi belajar dan regulasi diri masing-masing sebesar 0,89 dan 0,92, sedangkan tes prestasi belajar sebesar 0,72. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika dengan R = 0,32 dan sumbangan efektif sebesar 6,86%, (2) hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dan prestasi belajar fisika dengan R = 0,33 dan sumbangan efektif sebesar 7,03%, dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan regulasi diri dengan prestasi belajar fisika dengan R = 0,37 dan sumbangan efektif sebesar 13,9%. Kata kunci: regulasi diri, prestasi belajar fisika, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putu Dian Hari Melasti
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:16
Last Modified: 30 Jul 2020 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3641

Actions (login required)

View Item View Item