MELASTI, PUTU DIAN HARI (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021008-COVER.pdf Download (566kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021008-ABSTRAK...pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021008-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJAR Oleh Putu Dian Hari Melasti NIM 161302100 Program Studi Pendidikan Fisika ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara regulasi diri dan prestasi belajar fisika, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan regulasi diri dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di kecamatan Banjar yang berjumlah 231 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 145 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes uraian. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner motivasi belajar dan regulasi diri masing-masing sebesar 0,89 dan 0,92, sedangkan tes prestasi belajar sebesar 0,72. Uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas, linieritas dan keberartian arah regresi, multikolinieritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika dengan R = 0,32 dan sumbangan efektif sebesar 6,86%, (2) hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dan prestasi belajar fisika dengan R = 0,33 dan sumbangan efektif sebesar 7,03%, dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan regulasi diri dengan prestasi belajar fisika dengan R = 0,37 dan sumbangan efektif sebesar 13,9%. Kata kunci: regulasi diri, prestasi belajar fisika, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Putu Dian Hari Melasti |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 02:16 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3641 |
Actions (login required)
View Item |