Ramdani, Muhamad Syakir (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DI MTS TERPADU MARDHATILLAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021014-COVER.pdf Download (737kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021014-ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021014-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun modul elektronik (E-Modul), dan (2) mendeskripsikan validitas modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rancang bangun modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya meliputi 3 fase pengembangan yaitu: fase analisis, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. (2) validitas produk modul elektronik (E-Modul) ini dilakukan oleh ahli isi pembelajaran dengan hasil 98,46%, ahli desain pembelajaran dengan hasil 96%, ahli media pembelajaran dengan hasil 90%, ahli uji coba perorangan dengan hasil 95,53%, dan uji coba kelompok kecil dengan hasil 91,84%, berdasarkan kelima hasil tersebut e-modul berada pada kualifikasi sangat baik. Secara umum hasil penelitian menunjukan modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan kepada guru dari hasil penelitian ini yaitu agar modul elektronik (E-Modul) ini dapat digunaka secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, hannafin and peck, pengembangan |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | MUHAMAD SYAKIR RAMDANI |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:09 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10396 |
Actions (login required)
View Item |