IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY DALAM PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI SMAN 4 SINGARAJA

Rika, Venny (2022) IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY DALAM PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI SMAN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814041006-COVER.pdf

Download (650kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814041006-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1814041006-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1814041006-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1814041006-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN)
1814041006-BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
1814041006-BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814041006-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PPKn dengan menggunakan Inquiry Social Complexity di kelas X MIPA 2 SMAN 4 Singaraja. Subjek penelitian adalah 40 siswa X MIPA 2 di SMAN 4 Singaraja. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan terhadap siswa baik keterampilan berpikir kritis maupun hasil belajar siswa yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus I pertemuan ke-2 diperoleh peningkatan menjadi 65% dari kondisi awal yaitu 40% dari 40 siswa. Peneliti memiliki target minimal 70% siswa memiliki keterampilan berpikir kritis. Siklus II pertemuan ke-2 yang memperoleh presentase sebesar 87,5% atau sebanyak 35 siswa turut aktif mengkritisi dalam pelajaran. Dapat ditarik kesimpulan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa telah berhasil memenuhi target yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa turut meningkat, dengan kondisi awal rerata 73,875 atau hanya 55% siswa yang telah mencapai KKM 75 menjadi rerata 79,125 atau 70% pada siklus I. Peneliti memiliki target minimal 80% siswa telah mencapai KKM 75 dari 40 siswa. Siklus II berhasil memperoleh rata-rata nilai 84,125 atau presentase 90% dari 40 siswa. Dapat ditarik kesimpulan adanya peningkatan hasil belajar siswa telah berhasil memenuhi target yang telah ditetapkan. Keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran inquiry social complexity ini dapat terihat dengan adanya perubahan sikap siswa yang antusias dalam pembelajaran untuk mencari dan memecahkan masalah sendiri. Kendala yang dihadapi peneliti secara mendasar ialah meyakinkan siswa untuk percaya diri dan berani belajar hal baru. Sehingga peneliti harus kembali membangun konsep dasar terarah dari makna, cara dan tujuan belajar itu sendiri dengan beragam cara salah satunya dengan ilustrasi, cuplikan video, motivasi, reward dan ice breaking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Social Complexity, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: VENNY RIKA
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:56
Last Modified: 18 Jul 2022 02:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11398

Actions (login required)

View Item View Item