Ramadhan, Muhamad (2022) Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Amlapura. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021006-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021006-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021006-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan hubungan antara: 1) keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar, 2) lingkungan belajar dengan prestasi belajar, 3) keterlibatan orang tua dan lingkungan belajar secara simultan dengan prestasi belajar fisika. Keterlibatan orang tua dan lingkungan belajar merupakan variavel bebas dalam penelitian ini, sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar fisika. Riset ini ialah riset korelasional dengan desain expost facto. Seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Amlapura dengan jumlah 314 murid menjadi populasi dalam kajian studi ini. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 176 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner keterlibatan orang tua, lingkungan belajar dan tes prestasi belajar fisika yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner keterlibatan orang tua, lingkungan belajar dan prestasi belajar secara berturut-turut adalah 0,905, 0,862, dan 0,921. Metode statistic yang digunakan untuk analisis data adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar (r=0,426). Terdapat pula hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar (r=0,444). Kedua prediktor secara simultan juga menujukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar (r=0,537). Pada penelitian ini didapatkan juga nilai sumbangan efektif untuk variabel keterlibatan orang tua dengan lingkungan belajar secara berturut-turut adalah 13,54% dan 15,27%, sedangkan secara simultan kedua prediktor memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 28,81%. Kata kunci: keterlibatan orang tua, lingkungan belajar, prestasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterlibatan orang tua, lingkungan belajar, prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Muhamad Ramadhan |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:06 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11736 |
Actions (login required)
View Item |