PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 SD NEGERI KELAS IV DI GUGUS VI SUKAWATI

Tiniudayani, Dewaayu (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 SD NEGERI KELAS IV DI GUGUS VI SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042026-COVER.pdf.pdf

Download (392kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042026-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (233kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2029042026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (179kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2029042026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2029042026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2029042026-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042026-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (386kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042026-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengahasilkan instrumen tes HOTS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 SD kelas IV dan instrumen tes HOTS yang memenuhi kelayakan validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan Partial Credit Model (PCM). Pendekatan penelitian adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SD Gugus VI Sukawati menggunakan 30 responden dalam uji Small Group dan 60 responden field test. Kisi-kisi instrumen berisi muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya yang terdiri dari satu Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi dasar diturunkan menjadi 10 indikator 2 indikator C4/K1, 1 indikator C4/K2, 3 indikator C4/K4, 1 indikator C5/K2 dan 3 indikator C5/K4. Instrumen dikembangkan dalam bentuk tes soal uraian menentukan kualitas instrumen tersebut harus melalui beberapa uji coba. Uji validitas pakar formula Gregory nilai 1 kriteria baik. Uji Validitas butir model Rasch winstep, semua butir valid. Uji Reliabilitas 0,974 reliabel. Uji daya beda 2 soal baik dan 8 soal sangat baik. Uji tingkat kesukaran dari butir tes 2 butir soal mudah, 7 butir soal sedang dan 1 butir soal sukar. Hasil analisis PCM terdapat 1 soal sukar probabilitas 7 menjawab benar dan 2 soal mudah probabilitas 6 tidak menjawab benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: profesi guru, instrumen tes, tes uraian, Higher Order Thingking Skills (HOTS), sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Dewa Ayu Tini Udayani
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:34
Last Modified: 10 Oct 2022 08:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12898

Actions (login required)

View Item View Item