Friska Dewi, Luh Putu Adelia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031052-COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031052-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (968kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031052-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS pada Siswa Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 415 siswa, dengan sampel berjumlah 54 siswa, yang berasal dari dua kelas, yakni kelas IV A SD No. 5 Dalung sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SD No. 4 Dalung sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh t-hitung = 5,98 dan t-tabel = 2,05 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 52. Maka t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi pengetahuan IPAS yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana dengan kompetensi pengetahuan IPAS yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CTL, THK, Kompetensi Pengetahuan IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Adelia Friska Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:46 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13972 |
Actions (login required)
View Item |