Ratni, Ni Kadek Ayu Dewi (2023) NINCAPANG KAWAGEDAN NYURAT AKSARA BALI NGANGGEN MODEL PEPLAJAHAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) ANTUK MEDIA MIND MAPPING SISIA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912051024-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912051024-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912051024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912051024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912051024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912051024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912051024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912051024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912051024-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tata cara meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media mind mapping pada sisiwa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, 2) mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media mind mapping bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, dan 3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media mind mapping pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida dan objek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) tata cara guru meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media mind mapping sesuai dengan perencanaan, yang terdiri dari pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, (2) model problem based learning (PBL) dengan mediamind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I 73,28, siklus II 84,62, dan (3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media mind mapping, pada siklus I skor pendapat siswa yang berkategori baik, pada siklus II skor pendapat siswa berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan terdapat pengaruh yang baik ketika menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media mind mapping pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Kata Kunci: Menulis, Aksara Bali, PBL, Mind mapping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Aksara Bali, PBL, Mind mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Dewi Ratni |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 00:19 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15745 |
Actions (login required)
View Item |