Hilmi, Muhammad Imam (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PARAFRASE CERPEN DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 WOHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011054-COVER.pdf Download (281kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011054-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612011054-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011054-LAMPIRAN.pdf Download (305kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha, (2) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha, sedangkan objeknya adalah peningkatan kemampuan menulis naskah drama, langkah-langkah teknik parafrase, dan respons siswa dalam menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen sebagai media pembelajaran, hasil belajar menulis naskah drama siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Woha. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner. Data-data dari tes dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, data dari observasi dianalisis secara kualitatif, serta data dari kuesioner dan wawancara dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik parafrase cerpen dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Sebelum diberikan tindakan skor rata-rata siswa yaitu 60, setelah pelaksanaan tindakan siklus I meningkat menjadi 67,65, dan pada siklus II menjadi 82,96. dan, (2) Ada 17 langkah yang dapat ditempuh dalam menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan (3) Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran menulis naskah drama dengan menerapkan teknik parafrase cerpen. Peneliti menyarankan agar guru dan siswa menerapkan teknik parafrase cerpen dalam berlatih menulis naskah drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan teknik parafrase cerpen, menulis naskah drama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | MUHAMMAD IMAM HILMI |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:19 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16917 |
Actions (login required)
View Item |