Wide, Prema (2023) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN DERAJAT DEHIDRASI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041053-COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041053-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041053-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Konsentrasi menjadi salah satu hal pendukung dalam proses pembelajaran. Salah satu aspek pendukung konsentrasi adalah asupan nutrisi dan mineral ke dalam tubuh. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui hubungan dan kuat hubungan antara status gizi dan derajat dehidrasi dengan konsentrasi belajar siswa. Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Semarapura dengan jumlah sampel adalah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan uji normalitas sebagai uji prasyarat dan untuk analisis data menggunakan uji Spearman Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukan hubungan antara status gizi dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang positif dengan nilai r = 0,556 (p<0,05). Itu berarti hubungan status gizi dengan konsentrasi belajar memiliki hubungan yang berkorelasi positif dengan kuat hubungan pada kategori sedang. Sedangkan untuk hubungan derajat dehidrasi dengan konsentrasi belajar menunjukkan korelasi yang negatif dengan nilai r = -0,545 (p>0,05). Itu berarti bahwa derajat dehidrasi dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang negatif dengan kuat hubungan pada kategori sedang. Sehingga siswa harus lebih sadar tentang pentingnya asupan nutrisi dan mineral yang cukup serta guru harus lebih memahami pentingnya asupan nutrisi dan mineral yang baik untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa status gizi dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang positif, sedangkan derajat dehidrasi dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang negatif. Dengan kuat hubungan pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi, Status Gizi, Derajat Dehidrasi, Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ngurah Gede Prema Wide Wedanta |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17830 |
Actions (login required)
View Item |