Fergina, Chatarina Ni Nyoman (2023) HUBUNGAN ANTARA KONDISI EKONOMI KELUARGA DAN KEDISPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021028-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021028-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021028-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis hubungan antara kondisi ekonomi keluarga dengan hasil belajar fisika, hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa dan hubungan antara kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan secara bersama denan hasil belajar fisika oleh siswa kelas XI MIPA di Singaraja. Kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa merupakan variabel prediktor dan hasil belajar merupakan variabel kriterium. Penelitian ini bejenis korelasi dengan metode ex-post facto. Sebanyak 896 siswa pada Tahun Pelajaran 2022/2023 kelas XI MIPA di Singaraja menjadi populasi pada penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah 364 siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa diperoleh melalui penyebaran kuisioner dan data hasil belajar fisika diperoleh melalui tes yang terdiri dari 20 soal. Analisis data diolah dengan lima tahapan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi ekonomi keluarga dan hasil belajar fisika (R=0.166,p<0,05); 2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar fisika (R=0.254,p<0,05); 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa secara simultan dengan hasil belajar fisika (R=0.296,p<0,05). Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kondisi ekonomi keluarga, kedisiplinan siswa, hasil belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Catharina Ni Nyoman Fergina |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18188 |
Actions (login required)
View Item |