Wombaki, Maria Corazon Konjep (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN RASA INGIN TAHU DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021050-COVER.pdf Download (401kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021050-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1613021050-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021050-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah 1) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Banjar tahun ajaran 2023/2024. 2) mendeskripsikan hubungan antara rasa ingin tahu dengan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Banjar tahun ajaran 2023/2024. 3) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Banjar tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Banjar dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Banjar pada semester tahun ajaran 2023/2024 yang sebanyak 138 siswa. Sampel pada penelitian ini 102 siswa yang ditentukan dengan secara proportional random sampling. Data motivasi belajar dan rasa ingin tahu diambil menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes pilihan ganda. Data dinalaissis menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi, analisis regresi satu prediktor, analisis regresi dua prediktor yang dirangkum ke dalam uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 91,66 dan standar deviasi 13,37, Rasa ingin tahu siswa dengan skor rata-rata 81,07 den standar deviasi 13,58, dan prestasi belajar fisika siswa dengan skor rata-rata 57,26 dan standar deviasi 4,77. Simpulan penelitian ini yaitu yang pertama terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 18,38%, kedua terdapat hubungan positif antara rasa ingin tahu dan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 13,32%, dan yang ketiga terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara motivasi belajar dan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar fisika siswa sebessar 31,7%. Kata Kunci : motivasi belajar, rasa ingin tahu, dan prestasi belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar Fisika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Maria Corazon K. Wombaki |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18193 |
Actions (login required)
View Item |