Kornelia, Putri (2024) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Lectora Inspire Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kubutambahan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021011-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021011-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model project based learning (PjBL) berbantuan lectora inspire dan model direct instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2023/2024 dengan total populasi 127 siswa. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI I dan XI VI dengan jumlah siswa sebanyak 64 siswa. Data keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan tes soal esai dengan kualifikasi reliabilitas tes tinggi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis ANAKOVA dan uji lanjut LSD. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif pada kelas model PjBL berbantuan lecora inspire dan model DI masing masing adalah 77,34 dan 63,67 dengan SD 7,09 dan 9,54. Hasil Uji ANAKOVA menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model PjBL berbantuan lectora inspire dengan siswa yang belajar menggunakan model DI (F*=67,159;p=0,001). Hasil Uji LSD menunjukan siswa yang belajar menggunakan model PjBL berbantuan lectora inspire memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan model DI (μ*=11,881 ;p=0,001). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL berbantuan lectora inspire berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata-kata kunci: project based learning, lectora inspire, model pembelajaran direct instruction, keterampilan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | PUTRI KORNELIA |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18601 |
Actions (login required)
View Item |