Dewi, Luh Putu Sathya (2024) PENGEMBANGAN INTERACTIVE E-BOOK BERBANTUAN APLIKASI LUMI EDUCATION PADA MATERI VIRUS SEBAGAI MEDIA DIGITAL PESERTA DIDIK FASE E KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041006-ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (367kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041006-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui (1) spesifikasi rancang bangun interactive e-book berbantuan aplikasi lumi education pada materi virus sebagai media digital peserta didik fase E kurikulum merdeka belajar, (2) validitas media interactive e-book, (3) kepraktisan media interactive e-book. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri yang terdiri dari 10 tahap, namun pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahapan ke-7 yaitu operational product revision. Lokasi dilaksanakannya penelitian ini yaitu di SMA Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil uji validitas, diperoleh nilai KVG sebesar 1 dari ahli materi dan nilai 1 dari ahli media. Berdasarkan hasil tersebut, media interactive e-book, yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja. Uji kepraktisan terdiri dari uji perorangan oleh 3 siswa kelas XK, uji kelompok kecil oleh 12 siswa kelas XJ serta uji kelompok besar oleh 30 siswa kelas XC. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Persentase kepraktisan yang diperoleh dari uji perorangan adalah 94%, uji kelompok kecil adalah 93% dan uji kelompok besar adalah 88%. Berdasarkan hasil tersebut, media interactive e-book yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja. Dengan demikian, interactive e-book berbantuan aplikasi lumi education pada materi virus sebagai media digital peserta didik fase E kurikulum merdeka belajar yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fase E, interactive e-book, kurikulum merdeka belajar, media pembelajaran, virus. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QR Microbiology Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Sathya Dewi |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:06 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19810 |
Actions (login required)
View Item |