Dewara, Ni Luh Putu Libriana Lisna (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION BERBANTUAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS II BEBETIN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031272-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031272-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031272-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031272-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran reading comprehension berbantuan metode pembelajaran hypnoteaching terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Gugus II Bebetin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan pendekatan Eksperimen Semu (Quasi Experimental Desain) dengan rancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di gugus II Bebetin. Sampel penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Bebetin sebagai kelas kontrol dan 20 orang siswa kelas IV SD Negeri 5 Bebetin sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa observasi dalam bentuk skala penilaian. Metode analisis data dilakukan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan skor rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode hypnoteaching sebesar 15,68, sedangkan skor rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional sebesar 9,45. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan membaca siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan skor rata-rata keterampilan membaca siswa pada kelompok kontrol. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai signifikan pada kolom Equal variances assumed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reading comprehension berbantuan metode hypnoteaching terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Gugus II Bebetin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Reading Comprehension, Hypnoteaching, Keterampilan membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Libriana Lisna Dewara |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:48 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19826 |
Actions (login required)
View Item |