Simangunsong, Erika (2024) Analisis Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPA di SMP N 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013071030-COVER.pdf Download (340kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013071030-ABSTRAK.pdf.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071030-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071030-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (409kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013071030-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA dan implementasinya di SMP N 1 Sukasada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu guru dan 30 orang siswa kelas VII. Objek pada penelitian ini yaitu persepsi guru dan siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek serta implementasi pembelajaran kelas VII SMP N 1 Sukasada. Teknik Pengumpulan data sampel peserta didik menggunakan teknik purposive sampling. Data persepsi guru dan implementasi model pembelajaran diperoleh melalui wawancara, sedangkan data persepsi siswa diperoleh dari angket yang didukung oleh wawancara. Data wawancara yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran pembelajaran berbasis proyek mampu mendukung interaksi positif antara siswa dan guru, memberikan motivasi/menambah minat belajar siswa, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar. Hasil penelitian persepsi siswa menunjukkan rata rata 90,47% didukung hasil wawancara siswa yang menyatakan pembelajaran berbasis proyek memberikan persepsi yang positif dalam membantu siswa untuk mengikuti pembelajaran IPA. Implementasi pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif yang efektif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa yang telah mengikuti aturan yang berlaku sesuai ketentuan pembelajaran berbasis proyek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, model Pembelajaran berbasis proyek, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | ERIKA SIMANGUNSONG |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 04:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20618 |
Actions (login required)
View Item |