Krisdayanti, Putu Silvana (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III DI SD GUGUS V KECAMATAN BANJAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031174-COVER.pdf Download (662kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031174-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031174-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611031174-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031174-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031174-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031174-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031174-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031174-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang dapat diajukan pada penelitian ini yakni “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make A Match terhadap minat baca siswa kelas III di SD Gugus V Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Dilihat dari permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat baca siswa kelas III di SD Gugus V Kecamatan Banjar. Penelitian ini juga menjelaskan mengenai bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa di kelas III yang cenderung rendah. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan rancangan Static Group Comparison. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Intact Group. Sampel penelitian ini berjumlah 54 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III SD Negeri 3 Sidetapa sebagai kelompok eksperimen sebanyak 28 orang siswa dan kelas III SD Negeri 3 Pedawa sebagai kelompok kontrol sebanyak 26 orang siswa. Data minat baca diambil dengan menggunakan non tes yaitu kuesioner. Analisis data yang telah diperoleh menggunakan analisis statistik deskriptif dan t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata minat baca di kelas eksperimen 98,5 termasuk kategori sangat baik dan di kelas kontrol 89,557 termasuk kategori baik. Berdasarkan thitung = 3,237 > ttabel = 1,675 dengan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak atau H¬1 diterima. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif Make A Match berpengaruh sangat baik terhadap minat baca siswa. Dengan demikian, data tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap Minat Baca Siswa Kelas III di SD Gugus V Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: Make A Match, minat baca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Make A Match, minat baca. Key words: Make A Match, Interest in reading. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU SILVANA KRISDAYANTI |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 06:45 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
View Item |