Yanthi, Ni Luh Putu Yesi Kusuma (2025) ANALISIS PELAKSANAAN BLENDED LEARNING DI SMP N 3 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1713071011-COVER.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1713071011-ABSTRAK.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071011_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1713071011-LAMPIRAN.pdf Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Persepsi Guru IPA terhadap Penggunaan Blended Learning serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Blended Learning di SMP N 3 Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA di SMP Negeri 3 Sawan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan intrumen lembar observasi dan pedoman wawancara serta dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran blended learning di SMP Negeri 3 Sawan sebagian besar telah terlaksana dengan baik sesuai sintak blended learning Penerapan blended learning di SMP Negeri 3 Sawan dilakukan oleh guru IPA kelas VII B dengan melibatkan para siswa dalam kegiatan diskusi kelompok, eksperimen dan juga melibatkan media online seperti google classroom sebagai media pengumpulan hasil eksperimen yang telah dilakukan; 2) Faktor pendukung pelaksanaan blended learning di SMP Negeri 3 Sawan adalah pemanfaatan teknologi berupa perangkat elektronik penunjang pembelajaran seperti LCD, jaringan Wi-Fi serta didukung oleh kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan blended learning adalah terjadinya error dalam sistem media online serta terdapat kerusakan pada proyektor. Kata Kunci: Guru, Pembelajaran IPA, Blended Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pembelajaran IPA, Blended Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Yesi Kusuma Yanthi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |