PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Diantari, Ni Komang Indah Diantari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031150-COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031150-ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031150-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031150-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031150-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031150-BAB 5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031150-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan desain One Shot-Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 7 Sekolah. Jumlah keseluruhan anggota populasi adalah 179 Siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui undian dengan memilih satu kelas dari 8 kelas yang termasuk dalam populasi. Setelah dilakukan undian didapatkan kelas V B SD N 1 Panji Anom sebagai sampel dalam penelitian ini. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPA berupa tes objektif tipe pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t Bruning. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SD (t = 7,696 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05). Kata Kunci: MASTER, Hasil Belajar IPA, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MASTER, Hasil Belajar IPA, Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KOMANG INDAH DIANTARI
Date Deposited: 28 Jul 2020 09:57
Last Modified: 28 Jul 2020 09:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2575

Actions (login required)

View Item View Item