Santos, Junyita Gresiana Dyiejesus Salvador Savio Fernanda (2025) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING SINGKAT BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011029-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011029-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS)
2111011029-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111011029-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011029-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas buku panduan konseling singkat berfokus solusi untuk meningkatkan self-regulated learning siswa sekolah menengah kejuruan. Hasil rancang bangun buku panduan disusun secara ringkas, sistematis dan aplikatif, dilengkapi dengan estetika elemen visual, verbatim, serta lampiran pendukung. Uji keberterimaan buku panduan ini dilakukan oleh 3 judges yakni 2 dosen BK FIP Undiksha dan 1 guru BK SMK Negeri 3 Singaraja dengan hasil CVR = 11 dan CVI = 1, menunjukan tingkat keberterimaan sangat baik. Uji kepraktisan melibatkan 8 praktisi yakni guru BK SMK Negeri 3 Singaraja dan memperoleh hasil 99,32% dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas menggunakan eksperiment pretest posttest control group design pada 8 siswa yang kemudian dipilih secara acak, 4 orang kelompok kontrol dan 4 orang kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diberikan perlakuan terhadap konseling singkat berfokus solusi. Hasil uji efektivitas dengan independent sample t-test menunjukan peningkatan skor yang signifikan (Sig. 0,010 < 0,05) H0 ditolak dengan nilai Effect Size (ES) sebesar 0,99 (kategori tinggi). Hasil ini membuktikan bahwa panduan konseling singkat berorientasi solusi terbukti efektif dalam membantu peningkatan self-regulated learning siswa sekolah menegah kejuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning, Konseling Singkat Berfokus Solusi, Buku Panduan, Keberterimaan, Kepraktisan, Efektivitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NE Print media Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Junyita Gresiana Dyiejesus Salvador Savio Fernanda Santos |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 00:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |