Ginting, Melvana Elsa Br (2025) STUDI TENTANG MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013071016-COVER.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013071016-ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013071016-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis profil minat belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Laboratorium Undiksha yang berjumlah 167 populasi yang diambil dengan teknik purposive sampling dari jumlah populasi sebanyak 68 orang siswa kelas VII dan satu orang guru IPA. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa dan faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, kuesioner, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan di validasi keabsahan data melalui triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata minat belajar siswa berada pada kategori sedang. Profil minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA yaitu 7% siswa tergolong sangat tinggi, 28% siswa tergolong tinggi, 46% siswa tergolong sedang, 13% tergolong rendah, dan 6% siswa tergolong sangat rendah. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang dominan mempengaruhi. Pertama aspek motivasi berupa 94% siswa yang termotivasi untuk mendapatkan nilai yang maksimal, kedua aspek cita-cita berupa 92% siswa yang memiliki cita cita yang tinggi dan berhubungan dengan IPA, ketiga aspek guru 75% siswa sangat terbantu dengan metode belajar yang di ajarkan, keempat aspek fasilitas sekolah berupa 70% siswa berpendapat bahwa fasilitas di sekolah sudah mendukung untuk menunjang pembelajaran, kelima aspek keluarga berupa 62% siswa mendapatkan dukungan dari keluarga, keenam aspek teman berupa 61% siswa menganggap bahwa teman sangat membantu dalam proses pembelajaran, dan ketujuh adalah aspek intelegensi berupa 46% siswa yang cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal dan tugas yang diberikan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, faktor yang mempengaruhi, dan IPA |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Melvana Elsa Br Ginting |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:11 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |