Candradewi, W. M. V. Cahyanti (2020) EFEKTIVITAS TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME DENGAN TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031030-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031030-BAB 1- PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031030-BAB 2- KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031030-BAB 3- METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031030-BAB 4- HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031030- BAB 5 - PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031030-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori kontruktivisme dengan teknik Student Teams Achievement Division dan teknik Group Investigation melalui Lesson Study terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VB SD N 1 Baktiseraga. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain Rendomize Control Trials (RCTs). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Baktiseraga berjumlah 26 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen pada kelas VB di gunakan 13 orang yang diberikan perlakuan teknik Student Teams Achievement Division dan teknik Group Investigation dan 13 orang pada kelas V B sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar tematik siswa dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independen Sample t-test. Berdasarkkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen = 24,38 dan kelompok kontrol = 19,46. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.00 for Windows pada tabel keputusan nilai sig. (2-tailed) = 0,005 berarti nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 (0,005 < 0,05), maka H0 ditolak dan H1 = diterima. Maka penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan pada kelompok eksperimen yang diajarkan dengan teknik Student Teams Achievement Division dan teknik Group Investigation melalui lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa teori konstruktivisme dengan teknik Student Teams Achievement Division dan teknik Group Investigation lesson study efektif meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas VB SDN 1 Baktiseraga. Kata Kunci: Hasil belajar, lesson study, Student Teams Achievement Division dan Group Investigation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, lesson study, Student Teams Achievement Division, dan Group Investigation |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | W.M.V. Cahyanti Candradewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2655 |
Actions (login required)
View Item |