ADRIYANI, MADE DEVI (2025) PENGEMBANGAN KIT STEM METAMORFOSIS (JELAJAH SIKLUS HIDUP HEWAN) UNTUK MENINGKATKAN POSITIVE RELATIONSHIP SISWA INKLUSI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031382-COVER.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031382-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031382-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031382-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031382-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031382-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031382-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031382-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031382-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan rancang bangun KIT STEM metamorfosis (jelajah siklus hidup hewan) untuk meningkatkan positive relationship siswa inklusi kelas III SD, (2) menguji validitas isi KIT STEM (3) menguji respon guru dan siswa terhadap KIT STEM. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah KIT STEM, sedangkan objek dalam penelitian pengembangan ini adalah validitas isi KIT STEM, respon guru, serta respon siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, serta angket/kuisioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar rating scale, serta lembar angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) KIT STEM yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 1,00 menurut validator isi media dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap KIT STEM adalah sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap KIT STEM 95% dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, KIT STEM, Metamorfosis, Positive Relationship. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Devi Adriyani |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:05 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |