Yuniarini, Putu Dina (2025) PENGARUH REGULASI DIRI, EFIKASI DIRI, MANAJEMEN DIRI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA TUTOR PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DI PROVINSI BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239011037-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239011037-ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239011037-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh regulasi diri, efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi dan dampak selanjutnya terhadap kinerja tutor. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada tutor PKBM di provinsi Bali. Populasi penelitian sebanyak 467 orang, pengambilan sampel menggunakan formula Morgan dan Krecjie kemudian dikoreksi dengan rumus Warwick dan Lininger diperoleh sampel sebanyak 246 orang. Pengumpulan data menggunakan angket model tertutup dengan 4 pilihan. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan Structural Equation Modeling and Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian adalah: (1) deskripsi kuantitatif variabel regulasi diri, efikasi diri, manajemen diri, motivasi dan kinerja tutor dalam kategori sangat tinggi. (2) model persamaan struktural yang dibentuk memiliki kesesuaian model yang baik dibuktikan dengan hasil R2 sebesar 0,959 dan 0,911 serta mampu memprediksi hasil uji hipotesis dengan sangat kuat dibuktikan dengan hasil Q2 = 0,9964 (3) regulasi diri berpengaruh langsung signifikan terhadap motivasi ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,122, nilai T-Statistik sebesar 2,034 > 1,96 dan nilai P-Value sebesar 0,042 < 0,05; (4) regulasi diri berpengaruh langsung signifikan terhadap kinerja tutor ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,156, nilai T-Statistik sebesar 2,139 > 1,96 dan nilai P-Value sebesar 0,038 < 0,05; (5) efikasi diri berpengaruh langsung signifikan terhadap motivasi, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,389 dengan nilai T-Statistik 3,978 > 1,96 dan P-Value 0,000 < 0,05; (6) efikasi diri berpengaruh langsung signifikan terhadap kinerja tutor, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,632, nilai T-Statistik 2,939 > 1,96 dan P-Value 0,004 < 0,05; (7) manajemen diri berpengaruh langsung positif signifikan terhadap motivasi, ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar 0,615 dan nilai T-Statistik 9,575 > 1,96 dan P-Value 0,000 < 0,05; (8) self-management tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja tutor yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,112, nilai T-Statistic sebesar 0,790 < 1,96 dan P-Values sebesar 0,431 > 0,05; (9) motivasi mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja tutor yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,593 dengan nilai T-Statistic sebesar 5,016 > 1,96, P-Values sebesar 0,000 < 0,05; (10) regulasi diri mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap kinerja tutor melalui motivasi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien total sebesar 0,133 dengan nilai T-Statistic sebesar 2,111 > 1,96 dan P-Values sebesar 0,038 < 0,05; (11) efikasi diri berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja tutor melalui motivasi, ditunjukkan dengan nilai koefisien total sebesar 0,230 dengan nilai T-Statistik 2,442 > 1,96) dan P-Value sebesar 0,016 < 0,05; (12) manajemen diri berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja tutor melalui motivasi, ditunjukkan dengan nilai koefisien total sebesar 0,365 dengan nilai T-Statistik 5,282 > 1,96 dan P-Value sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi menjadi variabel mediasi penuh pada pengaruh secara tidak langsung regulasi diri, efikasi diri, manajemen diri terhadap kinerja tutor. Disarankan untuk menerapkan regulasi diri, efikasi diri, manajemen diri dan motivasi untuk meningkatkan kinerja tutor.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regulasi diri, efikasi diri, manajemen diri, motivasi, kinerja tutor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | PUTU DINA YUNIARINI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 15:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 15:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |