Nidiana, I Ketut (2020) PENGARUH MODEL SELF REGULATED E-LEARNING (SReL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021037-COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021037-ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021037-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menjelaskan perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model self regulated e-learning (SReL) dan yang belajar dengan model direct guided e-learning (DeL). Penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah 5 kelas (atau 166 orang) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kubutambahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling untuk menentukan 2 kelas (atau 68 siswa), satu kelas sebagai kelompok SReL dan yang lain sebagai kelas DeL. Data tentang prestasi belajar dikumpulkan tes prestasi belajar fisika yang terdiri dari 20 butir masing-masing berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan Analysis of Covariance (ANCOVA). Sebagai tindak lanjut ANCOVA, digunakan least significant difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan skor rata-rata prestasi belajar antara dua kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model SReL dan yang belajar dengan model DeL. Hasil uji LSD menunjukkan bahwa nilai ∆μ=15,207 lebih besar dari nilai LSD (tabel) yaitu 5,855. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa yang belajar dengan SReL (M = 77,353; SD = 9,711) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan DeL (M = 62,059; SD = 7,893).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model self regulated e-learning, model direct guided e-learning, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I KETUT NIDIANA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2871 |
Actions (login required)
View Item |