PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Yanthi, Ni Ketut Desya Sapta (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031132-COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031132-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031132-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031132-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031132-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi tahun Ajaran 2019/2020 terdiri dari 6 SD dengan jumlah siswa 235 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD No. 2 Buduk sebagai kelompok ekperimen dan kelas V SD No. 3 Buduk sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa setelah disetarakan dengan teknik matching. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan tes pilihan ganda biasa yang berjumlah 30 butir soal yang telah divaliditas. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbasis tri kaya parisudha dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SDN Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Hal tersebut dibuktikan dengan thitung = 5,779 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 (38+30-2=66) dan rerata skor kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen 25,79 dan rerata skor kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol 23,53. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, tri kaya parisudha, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KETUT DESYA SAPTA YANTHI
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:08
Last Modified: 28 Jul 2020 02:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2885

Actions (login required)

View Item View Item