Lestari, Ni Kadek Dwi Sinta (2020) PENGARUH PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021011-COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021011-ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (482kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021011-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based e-Learning (PBeL) dan model Direct e-Learning (DeL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Semarapura yang berjumlah 7 kelas dengan anggota 231 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random assignment. Selanjutnya dipilih satu kelas untuk kelompok eksperimen dengan perlakuan model PBeL dan satu kelas untuk kelompok kontrol dengan perlakuan model DeL. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar. Tes prestasi belajar terdiri dari 20 butir soal essay dengan konsistensi internal butir bergerak dari 0,289 sampai dengan 0,505 dan reliabilitas 0,74. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini mengungkapkan terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan model PBeL dan model DeL dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi usaha dan energi serta momentum dan impuls (F*=72,932;p<0,05). Prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model PBeL lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model DeL (LSD=5,422)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based e-learning, model direct e-learning, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Sinta Lestari |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:57 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3348 |
Actions (login required)
View Item |