Pratami, Ni Putu Indah (2020) Hubungan antara Regulasi Diri dan Sikap Sosial dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Kuta. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021022-ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021022-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah rendahnya prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Kuta. Tujuannya adalah 1) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa; 2) mendeskripsikan hubungan antara sikap sosial dengan prestasi belajar fisika siswa; dan 3) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dan sikap sosial dengan prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan yaitu korelasional dengan desain ex-post facto. Seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Kuta yang berjumlah 476 siswa menjadi populasi penelitian ini. Jumlah sampel 250 siswa, diambil dengan teknik proportional random sampling. Data regulasi diri dan sikap sosial dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes esai. Nilai koefisien reliabilitas pada kuesioner regulasi diri dan sikap sosial masing-masing sebesar 0,908 dan 0,926, dan koefisien reliabilitas tes prestasi belajar fisika sebesar 0,807. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: regulasi diri siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 135 dan standar deviasi 15,4; sikap sosial siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 137 dan standar deviasi 17,8; dan prestasi belajar fisika berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 50 dan standar deviasi 13,8. Simpulan penelitian ini: 1) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,248 dan sumbangan efektif sebesar 4,47%, 2) terdapat hubungan positif antara sikap sosial dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,382 dan sumbangan efektif sebesar 11,27%, dan 3) terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara regulasi diri dan sikap sosial dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,397 dan sumbangan efektif sebesar 15,74%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regulasi diri, sikap sosial, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indah Pratami |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3362 |
Actions (login required)
View Item |